MASIGNASUKAv101
4179705564463353711

Perbedaan Sablon Manual Dengan Printer Digital (DTG)

Perbedaan Sablon Manual Dengan Printer Digital (DTG)
Add Comments
Rabu, 11 September 2019
Perbedaan Sablon Manual Dengan Printer Digital (DTG)
 Perbedaan sablon manual dengan printer digital atau yang biasa disebut dtg sangatlah banyak. Perlu anda ketaui, dari kedua teknik ini mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Mulai dari perbedaan dari segi teknik atau prosesnya, perbedaan kualitas hasil sablonnya.

Pada artikel sebelumnya, saya juga sudah membahas lebih lanjut mengenai pengenalan tentang sablon manual dan juga printer digital. Dari kedua pembahasan tersebut, jika anda membaca artikelnnya, maka anda sudah sepastinya memahami betul apa perbedaan dari kedua teknik teresebut. Tidak hanya itu, dari kedua jenis proses atau teknik sablon ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Jika kita sudah membicarakan persoalan kaos, maka sudah sepastinya akan membahas mengenai sablon. Ada berbagai macam jenis teknik penyablonan. Salah duanya yang akan kita bahas ini.

Oleh karna itu, bacalah artikel ini sampai selesai dan anda akan lebih memahami lagi mengenai perbedaan sablon manual dengan printer digital.

perbedaan sablon manual dengan printer digital

Sablon manual adalah proses penyablonan yang dilakukan secara manual dengan menggunakan screen untuk media cetak nya. Sedangkan sablon printer digital adalah proses penyablonan dengan menggunakan metode  seperti hal nya printer kertas. 
Dari kedua metode penyablonan tersebut memiliki beberapa poin perbedaan. Tapi sebelum membahas mengenai perbedaannya, alangkah baiknya mengingat ulang apa sih pengertian atau proses dari kedua metode penyabloan tersebut.

  • Pengertian sablon manual 

Pengertian sablon manual adalah proses dimana memindah sebuah desain ke media cetak salah satunya kaos dengan cara menggunakan screen sablon atau yang biasa disebut film dengan menggunakan metode manual atau tenaga manusia. Untuk itu, diperlukan satu screen setiap satu warna.

  • Pengertian sablon printer digital

Pengertian sablon printer digital adalah proses penyablonan pada sebuah media cetak salah satunya kaos yang dimana metode penyablonannya dengan menggunakan teknologi modern sehingga dapat langsung dicetak pada kaos. Cara kerjanya sama persis seperti printer kertas.

Perbedaan

Setelah mengetahui apa pengertian dari kedua metode tersebut, selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan sablon manual dengan printer digital. Berikut penjelasnya:

Proses atau cara kerja

Perbedaan yang pertama yakni ada pada prosesnya. Proses penyablonan dari kedua metode ini sangatlah berbeda. Tadi di tulisan atas sudah sempat saya singung mengenai prosesnnya. Jadi, jika sablon manual menggunakan proses penyablonan nya benar benar manual menggunakan tenaga manusia. Mulai dari pembuatan filmnya, mix warna, pengeringannya, hingga proses penyablonan.

Baca juga: Bagusnya kain cotton combed

Beda halnya dengan sablon printer digital yang dimana hampir semua proses nya menggunakan teknologi modern sehingga semuanya dilakukan secara otomatis dengan alat yang cangih. Oleh sebab itu perbedaan pertama yang benar benar terlihat ada pada proses penyablonannya.
Perbedaan Sablon Manual Dengan Printer Digital (DTG)
Perbedaan Sablon Manual Dengan Printer Digital (DTG)

Jenis sablon 

Perbedaan yang kedua terdapat pada jenis sablon. Sudah sangat jelas dari kedua metode tersebut memilki proses atau cara kerja yang berbeda tentunya jenis sablon yang digunakan pun juga sangat berbeda.

Kualitas sablon

Hal yang sangat di lirik setiap orang yakni mengenai kualitas. Dari kedua metode ini memiliki perbedaan dari segi kualitas. Tapi, menurut saya pribadi, untuk kualitas yang terbaik yakni dengan menggunakan metode sablon manual. Tapi itu nanti kembali ke diri masing masing bagaiaman dia merawat sebuah kaos agar sablonnya awet.

Kuantitas sablon

Perbedaan selanjutnya yakni ada pada kuantitas sablon atau jumlah sekali produksinya dalam sehari. Berhubuung proses dalam penyablonan menggunakan mesin print digital sehingga ada batasan kapasitas tertentu untuk jumlah mencetaknya dalam satu waktu. Jadi untuk metode sablon DTG dalam sehari ada batasannya. 


Beda halnya dengan sablon manual yang dapat menyablon kaos dalam partai besar bahkan hingga ribuan dalam sehari.  

Variasi sablon

Selanjutnya yang membedakana antara sablon manual dan printer digital yakni pada variasi jenis sablon. Jenis sablon yang dapat digunakan oleh setiap metode memiliki berbagai macam viarasi. Namun jika printer digital menggunakan variasi sbalon, misal sablon timbul, maka kualitasnya sedikit kurang maksimal.

Lain ncerita dengan sablon manual yang dapat dengan mudah menggunakan berbagai macam variasi jenis sablon. Ada sablon rubber, plastisol, timbu, pigment, dan lainnya. 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa poin yang membahas mengenai perbedaan sablon manual dengan printer digital. Sebenarnya masih ada banyak perbedaan lainnya yang pada intinya perbedaan paling umum sudah saya sebutkan diatas. 

Dengan memehami setiap perbedaan dari metode sablon ini, semoga jika anda bingung ingin menggunakan jasa konveksi sablon yang menggunakan metode apa dengan membaca artikel ini anda dapat memutuskan ingin memilih yang mana.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artike lainya yang tidak kalah penting juga.

Octopus

Penyedia jasa konveksi pembuatan kaos, jaket, polo dengan kualitas yang terbaik yang berlokasi di Yogyakarta