MASIGNASUKAv101
4179705564463353711

Pengertian sablon manual beserta penjelasannya secara lengkap

Pengertian sablon manual beserta penjelasannya secara lengkap
Add Comments
Senin, 09 September 2019
Pengertian sablon manual beserta penjelasannya secara lengkap

Sablon adalah sesuatu hal yang hingga saat ini masih erat dengan dunia fashion. Dalam dunia persablonan ada berbagai ilmu dan juga hal yang perlu diketahui ataupun dipelajari. Pada faktanya tidak semua orang mengetahui hal tersebut.

Jika anda berkecipung di dunia persablonan pasti sudah mengenal beberapa istilah. Sebenarnya pada dasarnya tidak hanya seorang yang berkecipung di dunia sablon yang harus mengetahui tentang sablon. Namun bagi seseorang yang ingin membuat atau memesan sebuah kaos pada konveksi sablon, alangkah baiknya juga mengerti beberapa hal dasar tentang dunia persablonan.

Salah satu hal dasar yang perlu diketahui yakni dari teknik penyablonan. Pada umumnya ada dua teknik penyablonan, yakni dengan cara teknik sablon manual (screen printing) atau sablon DTG (digital). Dari kedua teknik tersebut pastinya ada perbedaan dari segi proses.
Pengertian sablon manual beserta penjelasannya secara lengkap
sablon manual plastisol
 Teknik sablon manual dan DTG pada dasarnya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Dari setiap teknik tersebut, mungkin jika anda sebagai client atau customer, alangkah baiknya mengerti secara dasar mengenai kedua teknik tersebut.

Dengan mengetahui kedua teknik tersebut maka anda akan mendapatkan pilihan, anda ingin menyablon dengan teknik DTG atau manual.

Baca juga: Macam macam jenis bahan kaos sablon

Olehe sebab itu pada artikel kali ini saya akan membahas secara tuntas mengenai teknik sablon manual secara lengkap dan mudah dipahami.

Kami berharap setelah anda membaca artikel ini anda dapat menentukan ingin memesan kaos dengan menggunakan teknik apa nantinya.

Pada artikel ini saya hanya akan mengulas mengenai teknik sablon manual.Untuk teknik sablon lainnya akan saya jelas pada artikel yang berbeda.

Pengertian sablon manual 

Pengertian sablon manual beserta penjelasannya secara lengkap
proses penyablonan
Pengertian sablon manual adalah proses penyablonan di berbagai media salah satunya kaos polos yang dimana dilakukan dengan menggunakan sebuah screen sablon (atau biasa disebut dengan film) kemudian proses yang dilelaui secara manual atau menggunakan tenaga manusia.

Sablon adalah proses pencetakan sebuah desain ke media cetak yang diinginkan. Untuk mendapatkan kualitas sablon yang baik, perlu diperhatikan beberapa hal selama proses penyablonan. Salah satunya pemilihan tinta sablon yang terbaik.

Sejarah sablon manual

Sejarah sablon manual pada awalnya ada sejak zaman Dinasti Song (926-1279 masehi) bertempat di dataran Tingkok. Kemudian beriringan berjalannya waktu akhirnya mulai dikenalkan di berbagai negara eropa pada akhir abad ke-18.

Baca juga: Cara merawat kaos agar awet dan tahan lama

Pada tahun 1960-an sablon mulai diterapkan secara artistik pada kaos di Amerika Serikat dan ada beberapa negara dibagian Eropa. Setelah salah satu artis ternama yakni Andy Warholl pada masa itu menggunakan kaos sablon, pada akhirnya sablon mulai populer pada masa itu.

Peralatan yang dibutuhkan untuk sablon manual

Untuk melakukan penyablonan manual, pastinya membutuhkan beberapa alat yang harus disiapkan. Dengan alat alat tersebut nantinya akan berguna untuk proses, mulai dari membuat film hingga penyablonanya. 

Berikut beberapa peralatan untuk melakukan sablon manual pada sebuah kaos polos: 
  • Screen dan frame 
peralatan pertama yang paling utama yakni screen atau yang biasa disebut dengan film. Dengan alat inilah nantinya akan membuat sebuah cetakan desain. Alat ini berbentuk persegi yang memiliki ukuran berbeda beda. Untuk frame atau bingkai luar dari alat ini memiliki bahan yang bermacam macam. Tapi biasanya yang sering digunakan berbahan dasar kayu, besi, dan baja ringan. Di tengah tengah screen atau bingkai terdapat kain screen yang memiliki pori pori.
  • Rakel
rakel atau alat gesut berfungsi untuk menyapu tinta sablon agar melewati pori pori screen sablonnya. Alat ini memiliki berbagai macam ukuran yang dimana menyesuaikan kebutuhan dan tentunya lebih kecil dari pada screen.

Baca juga: Tempat sablon di jogja termurah
  • Papan triplek
papan kayu triplek berguna untuk menjadi papan kaos polos, agar ketika disablon kaos tersebut bisa dalam keadaan diam. Biasnya untuk ukuran papannya lebih kecil dari kaos, asal kan kaos dapat masuk kedalam papan tersebut. 
  • Hot gun atau lampu
Hot gun atau lampu berfungsi untuk mengeringkan sablon setelah proses penyablonan, karena jika tidak sablon akan lama keringnya. 

Masih ada beberapa alat lagi, namun 4 alat diatas adalah alat alat yang paling dasar sekali untuk proses pembuatan sablon manual. Dengan alat seadanya tersebut, anda dapat melakukan penyablonan.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai pengertian sablon manual secara lengkap dan ada beberapa tambahan tentang alat alat yang dibutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaat dengan artikel ini. terima kasih 
Octopus

Penyedia jasa konveksi pembuatan kaos, jaket, polo dengan kualitas yang terbaik yang berlokasi di Yogyakarta