MASIGNASUKAv101
4179705564463353711

Macam macam jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk sablon

Macam macam jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk sablon
Add Comments
Senin, 26 Agustus 2019
Dalam dunia persablonan ada beberapa jenis bahan kain yang sering digunakan. Dari segi kualitas dari setiap jenis kain berbeda beda. Ada yang kualitas kain baik dan tahan lama ada juga yang sebaliknya dan pastinya setiap kain berbeda harganya.

Mungkin dari kalian ada yang pernah memesan kaos ke sebuah konveksi. Sebelum memasan kaos pastinya kalian bertanya, bahan kain apa yang digunakan. Sudah sewajarnya jika kita menanyakan hal tersebut sebelum memesan kaos.
Macam macam jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk sablon
Macam macam jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk sablon 
Dari sekian banyak masyarakat yang ingin memesan kaos pada sebuah konveksi sablon ataupun kaos. Pastinya menginginkan kaos dengan bahan kain yang nyaman, sejuk, dan tentunya tahan lama. Tidak bisa dipungkiri lagi jika bahan bahan yang memiliki kriteria tersebut banyak digunakan atau menjadi salah satu bahan kain yang sering dipesan.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini octopus akan membahas mengenai jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk menyablon. Dengan mengetahui jenis jenis tersebut, maka kita nantinya akan memahami bahan kaos apa yang cocok dengan apa yang kita inginkan.
Jenis bahan kaos

Jenis Jenis Kain

Ada beberapa jenis kain yang sering digunakan untuk pembuatan kaos. Salah satu jenis kain yang paling sering digunakan dan juga banyak di sukai oleh masyarakat yakni jenis kain katun combed. Selain itu masih ada beberapa jenis kain lainnya. Berikut jenis jenis kain yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos yang ingin disablon.

1.Bahan Cotton Combed (Katun Combed)

Jenis bahan kaos yang pertama yakni Cotton Combed atau dalam bahasa Indonesia katun combed. Jenis bahan kain yang satu ini didapatkan dari serat kapas. Serat merupakan salah satu bahan yang memiliki karakteristik benang yang lebih halus dibandingkan bahan lainnya, lebih rata, tidak berbulu, dan untuk hasil rajutannya lebih bagus.
Bahan Cotton Combed (Katun Combed)

Bahan Cotton Combed (Katun Combed)

Bahan kaos catton combed memiliki beberapa jenis lagi dan diklasifikasikan berdasarkan ketebalannya. Untuk ketebalan tersebut biasanya dibedakan dengan beberapa katagori, yakni : 20s, 24s, 30s, dan 40s. Dari klasifikasi tersebut semakin besar angka dari jenis kainnya maka semakin tipis bahan yang di dapatkan. Sebaliknya, jika semakin kecil angka maka bahan bahan katun combed semakin tebal.

Baca juga: Jenis jenis sablon yang terbaik dan awet 

Untuk bahan kaos yang satu ini paling sering digunakan untuk pembuatan kaos, terutama untuk pembisnis distro ataupun clothing. Biasanya distro atau clothing menggunakan bahan catoon combed 20s dan 30s.

2.Bahan Cotton Carded (Katun Carded)

Bahan selanjutnya yakni katun carded atau yang biasa disebut dengan cotton carded. Bahan yang satu ini hampit sama dengan katun combed yang memiliki beberapa jenis ketebalan, yakni 20s,30s dan lainnya. Namun ada beberapa perbedaan dari katun carded dan katun combed, perbedaannya terdapat pada rajutan bahan. Rajutan katun carded kurang rata dan juga halus.

Baca juga: Contoh desain kaos keren simple dan unik

Biasanya bahan ini sering digunakan untuk kaos dengan target pasar kelas menengah. Dengan karakteristik tersebut, bahan ini dibandrol dengan harga yang lebih murah dari pada katun combad. Meskipun harga bahan kaos ini lebih murah, tapi kaos ini masih cukup nyaman digunakan karena terbuat dari serat kapas alam.

3. Polyester (PE)

Jenis kaos selanjutnya yakni polyester atau yang biasa di singkat dengan PE. Jenis bahan kaos yang satu ini terbuat dari bahan dasar serat sintetis yang di hasilkan oleh minyak bumi yang dimana dibuat menjadi berupa serat fiber poly. Biasanya juga untuk produk plastic berupa biji plastik. Bahan kaos ini tidak dapat menyerap keringat dengan cukup baik, dan selan itu juga akan terasa panas jika digunakan, karena bahan dasar kain ini terbuat dari butiran plastik. Bagi anda yang sekiranya suka berkeringat dan sering merasa panas, sangat  tidak di sarankan menggunakan jenis kain ini.

4. Viscose 

Viscose atau yang sering disebut dengan rayon merupakan kain dasar pembuatan kaos yang terbuat dari serat sintesa celulosa organic (buatan manusia). Tekstur yang dari kain ini hamper sama dengan tekstur yang dihasilkan oleh kapas. Bahan kain ini juga memiliki kesan mewah. Oleh karna itu, kain ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal dari jenis kain lainnya, dan jarang tersedia di pasaran.

Baca juga: Cara merawat kaos agar awet 

Kain ini pada umumnya digunakan agar dapat menambah kenyamanan pada serat sintesis dan menambah kecerawan warna. Kelebihan dari kain ini yakni dapat tahan oleh kelembaban yang cukup tinggi dan memiliki warna yang cemerlang serta lebih memiliki tekstur yang lembut dibandingkan dengan kapas.

5. Cotton Viscose (CVC)

Cotton viscose atau yang memliki singkatan CVC merupakan sebuah kain yang melalui proses pencampuran antara cotton combed dengan viscose yang masing masing memiliki presentase 55% banding 45%.

Baca juga: kain cotton combed kain kaos terbaik

Bagi anda yang menginginkan sebuah kenyamanan ketika memakai kaos, bahan kaos ini sangatlah cocok bagi anda. Karena bahan ini memliki susut pola (shringkage) yang lebih kecil dari pada bahan cotton. Tidak hanya itu, bahan kain cotton viscose juga dapat menyerap keringat lebih baik sehingga anda akna merasa nyaman saat mengenakannya.

6. Hyget (spandek)

Jenis kain selanjutnya adalah hyget, jenis kain ini memliki sifat yang cukup elastis tetapi memliki berat yang lebih dibandingkan dengan spandek biasa. Bahan kain yang satu ini cukup murah dan terbuat dari plastik. Kain ini sangatlah tipis dan sulit untuk menyerap keringat. Sehingga kain ini sering kali digunakan untuk membuat kaos kampanye karena harga yang relatis lebih murah.

7. Teteron Cotton (TC) 

Teteron cotton adalah kain yang dikombinasikan antara serat alam dan serat buatan, yang dimana melalui proses menggunakan teknologi modern agar kedua serat tersebut bisa menyatu. Jenis serat yang dikombinasikan yakni 35% cotton combed dan 65% polyester. Kain ini memliki sifat yang hampir sama dengan PE yang dimana jika kita gunakan akan terasa lebih panas dari bahan kain lainnya dan kain ini tidak mudah untuk menyerap keringan. Namun ada kelebihan tersendiri dari kain ini, kain ini tidak mudah melar atau kusut walaupun sudah cukup lama penggunannya.

Itulah beberapa macam jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk menyablon. Dari beberapa jenis kain tersebut mungkin ada salah satu yang anda sukai. Tapi mayoritas jika membuat kaos sering kali menggunakan jenis kain cotton combed yang memliki kelebihan yang dapat dikatakan sangat berguna.

Mungkin itu artikel yang dapat kamis bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan membaca artikel di atas, anda dapat memliki jenis kain yang sekiranya cocok untuk anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaat dengan artikel ini.

Terima kasih.
Octopus

Penyedia jasa konveksi pembuatan kaos, jaket, polo dengan kualitas yang terbaik yang berlokasi di Yogyakarta