MASIGNASUKAv101
4179705564463353711

Mengenal Jenis-Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos

Mengenal Jenis-Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos
Add Comments
Kamis, 22 Agustus 2019
Memilih jenis sablon yang ingin kita gunakan untuk menyablon sebuah kaos sangatlah penting. Bukan hanya untuk pembuat sablon saja yang harus mengetahui setiap jenis sablon. Tapi setiap masyarakat juga harus mengetahuinya.

Dengan mengetahui macam macam sablon, kita akan dapat memilih jenis sablon mana yang sekiranya cocok dan pas untuk kita. Disamping itu, setiap sablon yang ada memiliki kualitas dan juga tekstur yang berbeda beda. Ada yang kualitasnya baik dan tahan lama ada yang sebaliknya.

Oleh karna itu, bukan hal yang tabu lagi bagi kita untuk mengetahui setiap jenis sablon. Sablon sendiri saat ini sudah menjadi salah satu hal yang krusial, terutama jika kita sedang membahas masalah T-Shirt atau kaos.

Bagi anda yang ini membeli kaos atau menyablonkan kaos polos pada sebuah konveksi, sangatlah penting mengetahui dari setiap jenis sablon yang ada. Supaya ketika anda membeli atau memesan nantinya tidak salah memilih.

Berikut beberapa contoh sablon yang sering digunakan dan memiliki kualitas yang terbaik.

Macam macam sablon

  • Sablon Rubber
Jenis tinta sablon yang pertama yakni rubber. Sablon ini termasuk salah satu sablon yang banyak peminatnya sehingga sering digunakan untuk menyablon. Dari segi kualitas sendiri, sablon ini memiliki kualitas yang cukup baik. Sablon Rubber atau yang yang biasa disebut dengan istilah sablon karet memliki sifat alami yang pada dasarnya sablon ini menutupi serat kain, oleh karna itu sablon ini menghasilkan sablon yang lebih elastis seperti karet.
Mengenal Jenis-Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos
Mengenal Jenis-Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos 
Tinta sablon jenis ini memiliki kepekatan yang dimana sangat cocok untuk disablon pada kain yang berwarna gelap. Selain itu, sablon ini biasanya juga digunakan untuk menjadi bahan dasar sebuah teknik yang dimana nantinya akan ditumpuk dengan jenis sablon lainnya. Sablon ini memiliki kualitas yang tergolong baik, awet, tahan lama, ketika di gunakan tidak panas dan juga dapat distrika.
  • Sablon Discharge
Teknik sablon yang kedua adalah discharge, jenis sablon yang satu ini sering digunakan untuk pembuatan kaos distro. Teknik yang digunakan oleh sablon discharge adalah teknik cabut warna. Jenis teknik sablon yang satu ini sangat cocok apabila diaplikasikan pada kain yang berwarna gelap.
Sablon discharge jika diaplikasikan pada kaos maka akan memiliki kualitas yang tinggi. Untuk tekstur dari sablon ini hampir sama dengan motif asli dari jenis kain yang digunakan. Seakan akan sablon tersebut menyatu dengan kainnnya.
  • Sablon Gold / Silver 
Jenis sablon selanjutnya adalah sablon gold/silver. Untuk sablon yang ini sebenarnya tidak memiliki jenis sendiri, namun sablon ini termasuk dalam katagori sablon rubber. Tetapi memliki perbedaan pada warnanya. Warna pada sablon ini terbilang memliki nilai estetika yang lebih tinggi dari pada warna lainnya. Oleh karna itu sablon ini lebih mahal dari pada warna lainnya. Dengan menggunakan warna sablon ini, maka kaos yang kita gunakan terlihat lebih mahal dan juga elegan.
  • Plastisol
Sablon plastisol adalah sablon yang masuk dalam katagori sablon terbaik dari pada sablon yang lainnya. Sablon ini bisa dikatakan terbaik karena terbuat dari bahan tinta minyak atau PVC. Dengan bahan dasar tersebut, sablon ini dapat menghasilkan daya rekat yang sangat kuat dari pada jenis sablon yang lain.

Baca juga: Jasa sablon kaos termurah dan berkualitas 

Dengan kualitas yang paling baik dan juga memiliki daya rekat yang kuat. Sablon plastisol juga memilki harga yang cukup dibilang mahal. Tapi dengan harga yang mahal tersebut sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.

Perlu diketahui juga, sablon ini tidak akan kering pada suhu dibawah 160 derajat celcius. Sehingga untuk mengerinkan sablon jenis ini, diperlukan sebuah alat khusus yang dimana berfungsi untuk membantu proses pengeringannya.
  • Glow In The Dark
Sablon glow in the dark, sebutan yang sering dikenal oleh banyak orang. Dari nama atau sebutan sablon ini, sudah jelas jika sablon ini dalam keadaan gelap akan menyala. Sablon jenis ini sangatlah terkenal dan menjadi salah satu sablon yang yang disukai dikalangan anak muda. Dengan kelebihannya itu, sablon ini memliki nilai keunikan tersendiri dari pada jenis sablon lainnya. Nilai estetika atau seni dari sablon ini juga sangat tinggi.

Baca juga: Jasa sablon kaos komunitas harga murah 

Namun, perlu kalian ketahui, sablon ini hanya dapat digunakan dalam kain yang berwarna hitam atau gelap. Karena sablon glow in the dark hanya tersedia dengan satu warna. Yakni warna putih saja. Maka dari itu jika digunakan pada kain warna cerah terutama putih, maka warna sablon akan mati dan tidak terlihat.
  • Foam (timbul)
Jenis sablon selanjutnya yakni sablon foam atau yang sering dikenal dengan sebutan sablon timbul. Sablon ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki sablon lainnya, yakni memiliki efek timbul 3 dimensi.

Untuk proses pembuatannya, diperlukan sebuah pemanas yang memliki suhu tinggi yang dimana nantinya sablon akan berkembang dan menghasilkan efek 3D. Setelah sablon itu timbul, ketika kita raba dengan tangan maka akan terasa ada timbulan dari sablonnya. Timbulan itu sendiri yang menjadi ciri khas jenis sablon foam ini.
  • Plastisol HD (High Density)
Jenis sablon yang terakhir yakni sablon Plastisol HD. Sablon ini satu jenis dengan sablon plastisol. Namun hanya berbeda teknik saat proses pengesutannya atau ketika menimpa sablon. Oleh karena itu proses yang harus dilalui agar mendapatkan kualitas yang terbaik dari sablon ini dengan cara melalui proses penimpaan berulang kali sehingga sablon tersebut timbul atau tinggi. Untuk ketinggian atau efek timbul nya sesuai dengan keinginan. Penimpaan yang biasa dilakukan bisa mencapai 5-15 kali gesut.

Baca juga: Cara merawat kaos dan sablon agar awet 

Bisa anda bayangkan sendiri, jika sebuah kaos di sablon menggunakan sablon plastisol yang biasa dan itu sudah menghasilkan kualitas sablon yang sangat baik, bagaimana dengan sablon plastisol HD yang melalui proses penimpaan tinta berulang kali. Sudah pastinya sablon plastisol HD akan awet dan juga tahan lama.

Sablon plastisol yang biasa dibandrol dengan harga yang tergolong cukup mahal dari pada sablon lainnya. Begitu pula sablon plastisol HD yang dimana harganya lebih mahal lagi tapi sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.

Itulah beberapa macam sablon yang memiliki kualitas terbaik yang sering digunakan untuk menyablon sebuah kaos. Sablon sablon di atas juga masuk dalam katagori sablon yang digunakan oleh brand brand terkenal.

Setelah membaca artikel ini semoga anda yang ingin membeli sebuah kaos atau ingin menyablonkan kaos polos pada sebuah konveksi agar tidak salah memilih jenis sablonnya. Dengan mengetahui jenis jenis sablon yang terbaik, anda akan dapat membedakan mana yang memiliki kualitas mana yang tidak. Sehingga anda akan mendapatkan sablon yang kuat dan juga tahan lama.

Jangan lupa juga membaca artikel lainnya pada blog ini yang juga bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai dunia persablonan.
Octopus

Penyedia jasa konveksi pembuatan kaos, jaket, polo dengan kualitas yang terbaik yang berlokasi di Yogyakarta